Latihan corat coret yang bermanfaat

Kakek Tua di Baris Terdepan

Pagi hari di suatu masjid. Sambil menunggu shalat subuh dimulai saya melihat-lihat keadaan sekitar. Tiba-tiba saya terkejut saat melihat sosok kakek tua yang berada di baris (baca: shaf) terdepan. Apa yang membuat saya terkejut? Kakek tersebut berbeda dengan yang lainnya. Kakek tersebut duduk dengan menggunakan kursi. Saya pun penasaran kenapa kakek tersebut tidak duduk di karpet masjid saja, kenapa harus menggunakan kursi.

Tak lama kemudian shalat pun dimulai. Posisi kakek tersebut kini persis di sebelah kiri saya. Mungkin ini jalan dari Allah SWT untuk menjawab rasa penasaran saya. Ternyata benar, rasa penasaran saya kenapa kakek tersebut menggunnakan kursi akhirnya terjawab. Sang kakek sudah tidak dapat lagi melakukan rukuk dan sujud secara normal, mungkin karena faktor usia. Ia harus melakukan rukuk dan sujud sambil duduk di kursinya.

Selesai shalat saya mulai terkagum dengan sosok kakek tersebut. Di saat sebagian orang masih terlelap dalam tidurnya, kakek tua tersebut telah berada di masjid. Di saat langkah sebagian orang terasa berat untuk pergi shalat subuh di masjid, kakek tersebut tetap melangkah pergi ke masjid. Dan yang lebih membuat saya terkagum adalah di tengah keterbatasan kondisi fisiknya tersebut, ia tetap bersemangat untuk melaksanakan shalat subuh di masjid.

Mudah-mudahan kita (termasuk saya) yang masih diberikan nikmat berupa kondisi fisik yang masih baik dapat mengambil pelajaran dari kakek tersebut. Semoga Allah SWT memudahkan segala urusan kakek tersebut. Amin. J

Satu tanggapan

  1. kalo saya yang dikasih kesempatan ketemu kakek itu,pasti saya juga akan merasakan kekaguman yang sama….

    16 Oktober 2010 pukul 21:40

Tinggalkan komentar